MENU

KUNJUNGAN DUTA BESAR RI LUAR BIASA DAN BERKUASA PENUH UNTUK KERAJAAN MALAYSIA KE SIKK

KUNJUNGAN DUTA BESAR RI LUAR BIASA DAN BERKUASA PENUH UNTUK KERAJAAN MALAYSIA KE SIKK

(Kota Kinabalu) Rabu, 31 Januari 2018 - Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) mendapat kunjungan dari Duta Besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI untuk Kerajaan Malaysia, Bapak Rusdi Kirana, yang didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Ari Purbayanto, M.Sc serta Konsul Jenderal KJRI Kota Kinabalu, Bapak Krishna Djaelani. Kunjungan kali ini bertujuan menindaklanjuti pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SIKK yang direncanakan akan mulai menerima peserta didik baru tahun pelajaran 2018/2019. Sapaan dan lambaian hangat, lantunan merdu nyanyian, tarian yang menarik dan meriahnya suara gamelan yang dimainkan oleh siswa-siswi SIKK menyambut kedatangan rombongan.

Sebelum peninjauan lokasi pembangunan gedung SMK SIKK, Bapak H. Istiqlal selaku Kepala SIKK menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bapak Rusdi Kirana. Beliau meminta petunjuk dan arahan agar kelak lulusan SMA dan SMK dapat bekerja dengan lebih mudah dan memohon difasiltasi mengenai promosi batik SIKK dengan nama Batik Sabindo (Sabah dan Indonesia). Kesempatan bertemu Duta Besar tidak disia-siakan juga oleh siswa-siswi SIKK untuk berinteraksi langsung. Mereka dapat mencurahkan kegelisahannya mengenai kesulitan mengurus dokumen kependuudkan dan keimigrasian. Tanggapan Bapak Rusdi Kirana atas apa yang disampaikan Kepala SIKK dan siswa menjadi angin segar dan harapan baru di tahun 2018. Beliau mengatakan bahwa keberadaan SMK, pembuatan batik Sabindo dan kesulitan pengurusan dokumen siswa SIKK akan disampaikan kepada Menteri Luar Negeri Malaysia dan beliau akan membantu mempermudah prosesnya.

 Selepas acara penyambutan, rombongan meninjau lokasi pendirian gedung SMK yang bertempat di belakang gedung SIKK. Prof. Ari Purbayanto menjelaskan bahwa lokasi telah ditinjau oleh PKLN beberapa waktu sebelumnya sehingga dukungan dari Duta Besar sangat berarti bagi pendirian dan keberlangsungan SMK di Sabah Malaysia. Bapak Rusdi Kirana sangat optimis dan mendukung SMK karena melihat kebutuhan pasar akan pekerja muda yang terampil sangat tinggi di Sabah.

KOMENTAR