MENU

GOTONG ROYONG MEMBASMI NYAMUK AEDES AEGYPTI  

GOTONG ROYONG MEMBASMI NYAMUK AEDES AEGYPTI  

Kamis, 1 Maret 2018

Mengawali keagiatan di Bulan Maret, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) melaksanakan kegiatan gotong royong menuju sekolah sehat. Tujuan dari kegiatan ini adalah mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungan yang kurang terawat, sebagai contoh demam berdarah karena gigitan nyamuk Aedes aegypti  yang sering bersarang di daerah lembab dan genang air. Ditambah lagi berdasarkan data dari Jabatan Kesehatan Sabah, Malaysia, terjadi peningkatan penderita demam berdarah pada bulan Februari 2018. Maka dari itu SIKK membersihkan parit-parit disekitar sekolah, genangan air dan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Kepala SIKK, H. Istiqlal, dalam arahannya mengatakan “Gigitan nyamuk biasanya dianggap sepele, namun gigitan nyamuk Aedes aegypti dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan. Maka kebersihan sekolah harus ditingkatkan. Mari kita sama-sama menjadikan sekolah kita lebih sehat”.

Satu jam pertama pelajaran digunakan untuk gotong royong kebersihan sekolah, kegiatan ini dikawal oleh masing-masing wali kelas mulai dari kelas I sekolah dasar sampai kelas XII sekolah menengah atas. Bagi siswa kegiatan ini bukan hanya kegiatan kebersihan saja, namun mereka belajar tanggungjawab akan tugas dan kerjasama dengan tim. Adapun tempat-tempat yang menjadi sasaran di SIKK adalah parit didepan kelas, sekitar lapangan futsal dan lapang basket, sampah-sampah di sekitas sekolah, genangan air, dan tempat-tempat yang berpotensi untuk nyamuk bersarang. Gotong royong memberikan kecerian tersendiri bagi siswa-siswi tangan kotor, keringat bercucuran dan baju sedikit basah.

 

Sekolah bersih

Sekolah sehat

SIKK Jaya, Jaya, Jaya, yess!

KOMENTAR