MENU

MEMBATIK DI SIKK

MEMBATIK DI SIKK

Kamis, 1 Maret 2018

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu

Ekstrakulikuler membatik dibawah bimbingan Dadan Maulana Ramadha, S.Pd mendatangkan pemateri University College Sabah Foundation jurusan Batik. Dua diantaranya ialah Dosen yang berasal dari Indonesia yaitu Ibu Sri kholifah  dan Ibu Hartini Kastaman (Dosen University College Sabah Foundation-UCSF). Mereka menjelaskan mengenai Pengertian Batik, alat yang digunakan untuk membatik, serta cara dan langkah-langkah membatik. Para siswa dengan antusias mendengarkan serta berinteraksi langsung dengan para pemateri. Mereka juga memiliki Yayasan Batik Reksa Natura Indonesia.

Selain memberikan penjelasan, mereka juga membawa beberapa contoh karya batik yang telah dibuat maupun sedang diproses. Ada scarf, Gantungan kunci, lukisan hewan, maupun kain siap jahit. Semua karya tersebut menggunakan bahan alami sebagai pewarna dengan tujuan melestarikan sumber daya alam yang ada seperti daun, akar, bahkan batang tumbuhan. Selain itu, melalui penggunaan bahan alami tersebut pula akan bisa mengurangi limbah kimia (biasanya batik menggunakan pewarna kimia).

Kerja sama yang lebih apik diharapkan dapat terus dijalin antara pihak SIKK dengan UCSF. Dan para siswa SIKK dapat semakin mencintai Budaya Indonesia melalui karya Batik yang dihasilkan sendiri.

KOMENTAR