MENU

PENGUKUHAN DAN PELANTIKAN PANITIA US/USBN/UN SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU TAHUN 2019

PENGUKUHAN DAN PELANTIKAN PANITIA US/USBN/UN SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU  TAHUN 2019

Kota Kinabalu – Senin tanggal 18 Maret 2019 Sekolah Indonesia Kota Kinabalu melaksanakan USBN jenjang SMA. Tidak hanya itu, beberapa minggu kedepan rangkaian kegiatan Ujian Sekolah, Ujian Sekolah Berbasis Nasional, dan Ujian Nasional untuk SD, SMP, dan SMA juga akan dilaksanakan oleh SIKK sebagai sekolah induk dengan jumlah peserta yang sangat banyak. Rincian peserta Ujian di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu sebagai berikut: SD sejumlah 1112 peserta, SMP sejumlah 1045 peserta, dan SMA sejumlah 74 peserta. Selain itu SIKK juga menyelenggarakan Ujian Kesetaraan Paket A, B, dan C dengan rincian peserta Paket A sejumlah 1297 peserta, Paket B sejumlah 170 peserta, dan Paket C sejumlah 154 peserta.  

Untuk memaksimalkan tugas panitia, pengawas, dan korektor dalam pelaksanaan Ujian, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia telah melakukan pengukuhan dan pelantikan panitia US, USBN, dan UN.

Hari Senin (18/3) pukul 14.00 bertempat di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu diadakan upacara pengukuhan dan pelantikan panitia US, USBN, dan UN tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan diadakannya upacara Pengukuhan dan pelantikan panitia ini adalah sebagai langkah persiapan matang panitia, pengawas, dan korektor untuk dapat melaksanakan tugas secara jujur dan bertanggungjawab sesuai dengan prosedur operasi standar US, USBN, dan UN yang dijadwalkan mulai bulan Maret sampai dengan Juni 2019.

Sebanyak 68 orang peserta yang terdiri dari Pensosbud KJRI Kota Kinabalu, kepala sekolah, guru, dan staff tata usaha yang ditugaskan menjadi panitia, pengawas ruang ujian, dan korektor mengikuti serangkaian kegiatan upacara pengukuhan dan pelantikan panitia dengan tertib dan khidmat. Pada acara ini dibacakan SK Panitia US, USBN, dan UN oleh Nayudin Hanif, S.Pd.,Gr. sebagai Waka Kurikulum, dan SK Panitia Ujian Kesetaraan Paket A, B, dan C oleh Aris Setianto, S.Pd.,Gr. sebagai waka CLC. Puncak acara ini ditandai dengan penanda tanganan pakta integritas dan penyematan tanda panitia secara simbolis oleh Pensosbud KJRI Kota Kinabalu, Bapak Cahyono Rustam yang didampingi Bapak Kepala sekolah, H. Istiqlal, S.Pd.,M.M. kepada para koordinator panitia.

Cahyono Rustam selaku Pensosbud KJRI Kota Kinabalu yang datang mewakili Kepala Perwakilan RI di Kota Kinabalu dalam sambutannya menyatakan bahwa pembentukan panitia ujian merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Dengan kerja keras dan dedikasi dari para guru untuk melaksanakan ujian dapat terlaksana dengan baik. Beliau berharap kepada panitia agar dapat melaksanakan pakta integritas dengan sebaik-baiknya yaitu satunya pikiran, perkataan, dan perbuatan agar semuanya berjalan lancar serta meningkatkan kualitasnya dari tahun-tahun sebelumnya.

Akhirnya, acara ditutup dengan pembacaan do’a dengan harapan seluruh rangkaian kegiatan US, USBN, dan UN dapat berjalan dengan lancar dan pada akhirnya prestasi akademik siswa SIKK dan CLC di Sabah dan Sarawak Malaysia dapat meningkat diiringi dengan peningkatan integritas kejujurannya. (nh)

 

KOMENTAR