MENU

Kembali Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Melaksanakan Kegiatan ICC (International Culture Camp) Ketiga Tahun 2019

Kembali Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Melaksanakan Kegiatan ICC (International Culture Camp) Ketiga Tahun 2019

Dengan suasana yang riuh dan  semarak, Senin 29 april 2019  SIKK kembali melaksanakan kegiatan ICC yang ketiga. Acara ini merupakan acara yang diadakan setahun sekali yang diikuti oleh beberapa sekolah dan institusi yang ada di Sabah, baik sekolah rendah, sekolah menengah, institusi dan politeknik. Pada tahun ini peserta yang ikut berjumlah sembilan yaitu SK Malawa, SK Kitapol,SK Sri Gaya, SMK Inanam, Institut Latihan Perindustrian Kota Kinabalu, Institut Sinaran, Politeknik Kota Kinabalu dan yang terakhir adalah Sekolah Jepang Kinabalu. Acara dimulai tepat pukul 09.00 di dewan futsal SIKK dan dibuka langsung Bapak Cahyono Rustam selaku Pensosbud KJRI Kota Kinabalu. Acara ini dimulai dengan tarian Wa Hyang disuguhkan oleh siswa-siswi SIKK untuk menjemput para tamu yang hadir.

Berbeda dengan tahun lalu, ICC tahun ini dibagi menjadi empat agenda utama yaitu, pertama dimulai dengan masing-masing sekolah mempersembahkan kebudayaan masing-masing dimulai dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Kinabalu, Japanese School, SK Malawa, Srigaya, SMK Inanam, Institusi Sianaran, ILP, Politeknik Kota Kinabalu.

Setelah masing-masing sekolah mepersembahkan persembahannya, dilakukanlah Coaching Clinic tiap-tiap sekolah maupun institusi. Ada beberapa coaching yang dilakukan yaitu Gamelang, Angklung, Kompang, tarian-tarian, Game Tradisional Indonesia (Engrang), cooking class, serta membatik. Selama peserta melakukan coaching di tempat masing-masing, gurunya pun tidak diam saja tetapi para tamu dan guru yang hadir memngikuti seminar STEM (Science, Technology, Enginering, and Matematics) selain siswa yang menerima pengetahuan mengenai kebudayaan guru dan pendamping pun menerima Ilmu dari seminara ini.

Acara coaching berlangsung selama kurang lebih 2-3 jam, pada acara coaching  semua peserta mengenal dan tahu tentang materi yang diberikan oleh coach, peserta sangat bersemangat mengikuti kareana ada beberapa yang tidak cukup 1 jam sudah pandai.

Dan acara yang terakhir yang ditungu-tunggu adalah penampilan dari masing-masing jenis kebudayaan yang telah diberikan pelatihan selama kurang lebih 3 jam. Acara persembahan dimuali pukul 15.00 dan berakhir 16.30. acara ini sangat seronok (Bahasa Malaysia) atau kalau dalam Bahasa Indonesia keren dan Asyik.  Karena semua peserta sangat antusias melakukan persembahannya yang telah dilatihkan tadi. Dari sekian rangkaian acara akhirnya tiba pun untuk penutupun acara yang ditutup langsung oleh Bapak Cahyono Rustam.

KOMENTAR