MENU

SIKK sertai Microsoft Global Learning Connection (MGLC) 2019

SIKK sertai Microsoft Global Learning Connection (MGLC) 2019

Untuk ketiga kalinya Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) diberi kesempatan ikut berpartisipasi dalam Global Learning Connection (GLC) oleh Microsoft Indonesia dari tanggal 5 hingga 6 November 2019. Sebelumnya SIKK terpilih mengikuti Skype-a-Thon 2017 live from Toronto, Canada dan Skype A Thon live from Paris.

Acara ini digelar guna merayakan pembelajaran tanpa batas selama 48 jam non stop. Ribuan pelajar, pendidik, dan pembicara ahli bergabung dalam sebuah perjalanan virtual bersama dalam sambungan Skype, Teams, dan Flipgrid.

Arwahyu Sugito, penolong kanan urusan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) selaku guru ICT sekaligus guru pendamping dari SIKK mengatakan bahwa untuk tahun ini ada 31 kelas dari seluruh Indonesia dan beberapa sekolah dari luar negara terhubung dengan para narasumber dari jajaran eksekutif Microsoft, selain itu ribuan siswa dan lebih dari 150 guru mendapatkan wawasan global tentang beragam budaya, nilai, dan perspektif yang berbeda namun penuh inspirasi.  Untuk mengikuti acara ini sebelumnya pihak Microsoft Indonesia mengadakan seleksi secara online untuk sekolah-sekolah yang akan terlibat.

“Kegiatan berlangsung sekitar 1,5 jam dipandu oleh Bapak Obert Hoseanto, Education Programs Manager PT. Microsoft Indonesia. Anak-anak diberikan kesempatan untuk dialog dan tanya jawab langsung tentang cara belajar yang efektif dengan Sam Mc Neill, Education Solution Specialist Regional Asia Pacific langsung dari New Zealand.

Dilanjutkan sesi sharing dan performance dengan pelajar dari LCCS Hongkong pada kegiatan Classroom Collaboration Sing a Song Together. Lagu yang dinyanyikan adalah lagu Meraih Bintang. Sekolah di Hongkong menyanyikan lagu versi bahasa Indonesia, sedangkan siswa SIKK menyanyikan versi bahasa English-Mandarin. Dalam kesempatan itu salah satu perwakilan siswa SIKK, Siti Samy Khatijah berbagi cerita dalam bahasa inggris tentang olahraga favorit di Indonesia yaitu sepak bola.

Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Dadang Hermawan mengapresiasi apa yang dilakukan guru dan murid SIKK ini. Menurutnya, ini adalah inovasi dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi. Komunikasi bisa dilakukan langsung dengan berbagai pihak tanpa adanya batas negara dan wilayah.

KOMENTAR