MENU

Kali kedua di tahun ini, SIKK mengadakan Smart Parenting

Kali kedua di tahun ini, SIKK mengadakan Smart Parenting

Menjelang akhir tahun 2021, divisi hubungan masyarakat (Humas) Sekolah Indonesia Kota kinabalu kembali menyelenggarakan kegiatan Smart Parenting. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, bapak Dadang Hermawan, M.Ed. Sesuai dengan judulnya, kegiatan tersebut ditujukan untuk seluruh orang tua/wali murid dan peserta didik mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan harapan bisa menumbuhkan kesadaran orang tua terhadap Pendidikan anak-anaknya serta menjalin kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua.

Kegiatan Smart Parenting ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dimulai dari hari senin, 29 November 2021 hingga selasa tanggal 30 November 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari kalangan professional yaitu Ibu Ismaniar Alamandasari, S.Pd.,M.I.L, kegiatan ini mendapat apresiasi dari para orang tua dan kepala sekolah terbukti dari antusiasme orang tua/wali murid dan peserta didik.

Pada hari pertama, kegiatan dibuka secara langsung oleh Bapak Dadang Hermawan, M.Ed. selaku kepala Sekolah Indonesia Kota kinbalu pada pukul 20.00 waktu Sabah Malaysia. Beliau memberikan arahan sekaligus motivasi kepada orang tua/wali murid agar benar-benar memperhatikan pendidikan anak-anaknya serta ikut bertanggungjawab mendampingi proses pendidikan anak-anaknya ketika berada di rumah. Selain masalah kesadaran orang tua terkait Pendidikan anak-anaknya, beliau juga mengingatkan pentingnya mengurus dokumen bagi anak-anak yang ada masalah dan tidak memiliki dokumen. Masalah dokumen ini merupakan hal yang sangat urgent ketika anak-anak ingin melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain kepala sekolah, hadir juga ketua komite Sekolah Indonesia Kota kinabalu Ibu Reni Susanti, S.E yang turut memberikan sambutan di awal kegiatan. Beliau memberikan apresiasi kepada narasumber serta berharap melalui materi yang disampaikan oleh narasumber bisa memberi manfaat kepada orang tua khususnya dalam mendampingi proses belajar putra-putrinya di rumah. Selain itu, beliau juga menghimbau kepada orang tua/wali murid agar ikut berperan aktif mendampingi anak-anaknya selama proses pembelajaran secara virtual serta bisa menjalin komunikasi yang intens dengan putra-putrinya.

Setelah sambutan dari kepala sekolah dan ketua komite, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber. Ibu Ismaniar Alamandasari, S.Pd.,M.I.L sebagai narasumber menyampaikan materi terkait pola asuh orang tua dalam mendampingi anak-anaknya menempuh Pendidikan. Beliau menuturkan bahwa semua anak memiliki kecerdasan karena ada banyak sekali jenis kecerdasan yang mungkin belum diketahui oleh orang tua. Sementara, di hari kedua narasumber menyampaikan materi terkait dengan Pendidikan tingkat lanjut untuk anak-anak jenjang SMP, SMA dan SMK. Beliau menyampaikan tentang jenjang Pendidikan yang bisa ditempuh setelah anak-anak lululs SMA/SMK dengan prospek jenjang karir ke depannya. Pola Pendidikan lanjut dan seputar kehidupan kampus ini cukup menarik perhatian orang tua siswa. Mereka banyak menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kampus kepada narasumber karena banyak anak-anak mereka yang akan lulus SMA/SMK di tahun depan.

Acara Smart Parenting ini ditutup secara langsung oleh kepala Sekolah Indonesia kota kinabalu, Bapak Dadang Hermawan, M.Ed dihari kedua dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh pak Eko Sugiharto. Agenda Smart Parenting ini merupakan kegiatan rutin divisi Hubungan Masyarakat (Humas) setiap tahun. Semoga dengan diadakanya kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan silaturahmi dan kerjasama antara sekolah dan orang tua/wali murid untuk sama-sama memperhatikan Pendidikan anak-anaknya.

KOMENTAR