MENU

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Ambil Bagian dalam Skype-a-Thon 2017 langsung dari Toronto, Canada

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Ambil Bagian dalam Skype-a-Thon 2017 langsung dari Toronto, Canada

Pada era digital, abad 21 (21st century) ini, anak-anak menerima informasi yang berlimpah dari berbagai macam sumber informasi seperti TV, Radio, majalah, koran, internet dll. Dunia berubah maka dunia pendidikan juga harus berubah, pola pembelajaran harus berubah agar dunia pendidikan menjadi relevan dengan tantangan dan peluang yang terjadi di kehidupan nyata. Sudah menjadi keharusan bagi Sekolah Indonesia Kota Kinabalu untuk meningkatkan semua aspek layanannya, baik dalam bidang pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, juga pembelajaran ekstrakurikuler. Salah satu poin kecil yang dapat dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan penggunaan media dalam pembelajaran, khususnya untuk pembelajaran jarak jauh adalah skype. Media skype bisa mengatasi keterbatasan jarak antar negara karena dapat dilakukan dari jarak jauh dengan sambungan internet

Baru-baru ini, Microsoft menggelar acara tahunan Skype-a-Thon 2017 langsung dari Toronto, Canada. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong terjadinya proses belajar mengajar tanpa batasan ruang dan waktu, juga sejalan dengan misi untuk  memberdayakan setiap peserta didik di dunia agar mampu melakukan hal-hal positif dengan memanfaatkan media informasi dan komunikasi.

Kegiatan ini melibatkan lima puluh dua sekolah terpilih di Indonesia yang tersebar dari Provinsi Aceh hingga Papua dan satu sekolah Indonesia yang berada di luar negeri yakni Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia dengan total peserta lebih dari 2000 terdiri dari guru dan siswa, yang akan melakukan kolaborasi pembelajaran virtual menggunakan Skype.

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu mewakili sekolah Indonesia yang berada di luar negeri untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam kolaborasi pembelajaran virtual dalam acara Skype-a-Thon 2017. "Kegiatan ini bertujuan untuk menghubungkan ruang kelas dari berbagai belahan dunia, sekaligus menunjukkan bagaimana teknologi dapat meningkatkan pengalaman belajar,” tutur Arwahyu Sugito, Kepala Litbang sekaligus Wakil Manajemen Mutu Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Kamis (23/03/2017). 

Berbagai aktivitas menarik dilaksanakan dalam kegiatan Skype-a-Thon 2017. Kegiatan diawali dengan salam pembuka dari Anthony Salcito, Vice President of Worldwide Education Microsoft dilanjutkan sesi inspirasi dari narasumber misterius, Grace Chandra, Teacher Ambassador Microsoft Indonesia yang sedang berada di Australia. Selanjutnya sesi materi dan diskusi secara bergantian dari 4 narasumber Obert Hoseanto, Anastasia Moertodjo, Betty Sekarsih Hadi dan Yuche Yahya Sukaca sebagai guru inovatif Microsoft yang menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang pertemuan internasional Educator Experts di Toronto, Canada.

Aktivitas lain yang tidak kalah menarik adalah sesi kuis kelompok, penampilan yel-yel sekolah secara bergiliran, penampilan tari, puisi, musik tradisional, paduan suara dll dari 5 sekolah  terpilih yakni Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, SMPN Buti Merauke, SMPN 30 Medan, SMPN 2 Kota Padang Panjang dan SMPN 2 Pangid Sulsel. Rangkaian penampilan kreasi tersebut dilaksanakan sebelum dan sesudah acara inti digelar, tidak lain bertujuan untuk memeriahkan kegiatan Skype-a-Thon 2017.

Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, H. Istiqlal, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Microsoft yang telah memberikan kesempatan luar biasa kepada SIKK sehingga terpilih dan dapat berpartisipasi dalam kegiatan Skype-a-Thon 2017. Hal ini merupakan bukti bahwa guru-guru dan staf di SIKK memiliki peran yang besar dalam menciptakan lingkungan belajar dan mengajar yang terbaik bagi siswa.

“Kami ingin membagi pengalaman kami ini dengan sekolah-sekolah lain di Indonesia maupun di luar Indonesia supaya mereka juga dapat mengetahui cara-cara inovatif yang dapat membekali para siswa dengan perangkat-perangkat yang tepat untuk dapat sukses di dalam dan di luar ruang kelas. Antusiasme para siswa selama mengikuti Skype-a-Thon 2017 semakin membuka kesadaran kami akan pentingnya variasi proses belajar mengajar yang dapat dikembangkan melalui teknologi dan kami berharap kerjasama ini akan terus berlangsung agar selalu memberikan manfaat, Kerena kegiatan seperti ini dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dengan proses belajar biasanya, membuka  kesempatan yang lebih besar bagi para siswa untuk mengenal dan mempelajari kemampuan berpikir komputasi, terinspirasi untuk berinovasi menggunakan teknologi,” pungkasnya.

 

KOMENTAR