MENU

Pengumuman Hasil dan Penutupan KS2O 2017

Pengumuman Hasil dan Penutupan KS2O 2017

Rangkaian kegiatan Kompetisi Sains, Seni, dan Olahraga (KS2O) 2017 yang berlangsung dari 08 hingga 10 September 2017 di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) telah usai. Kegiatan tersebut merupakan ajang tertinggi untuk berprestasi dan berkreasi dalam mengembangkan potensi dan bakat siswa-siswi Indonesia di Malaysia.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Bapak H. Istiqlal, S.Pd., M.M. selaku Ketua Panitia kegiatan menyampaikan rasa  terima kasih kepada Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur yang telah berkomitmen mewadahi minat dan bakat Siswa Indonesia yang di Malaysia melalui kegiatan KS2O ini yang menjadi kebanggaan siswa-siswi Indonesia di Malaysia. Beliau berharap kegiatan KS2O masih dapat dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya.

Pada KS2O kali ini hadir juga Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Bapak Rusdi Kirana. Dalam sambutannya beliau memberikan motivasi kepada seluruh siswa-siswi yang telah berkompetisi dengan baik. “Jadilah manusia yang pemberani. Berani mengubah nasib diri menjadi lebih baik, karena yang dapat mengubah nasib dan masa depan kita adalah diri kita sendiri”. Ungkapnya.

Kegiatan ini ditutup langsung oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba. “Selamat kepada anak-anak yang sudah dinyatakan sebagai juara pada masing-masing cabang lomba, dan untuk anak-anak yang masih belum beruntung, kalian jangan patah semangat, jalan kalian masih panjang, teruslah berjuang”. Ucap beliau disambut dengan tepuk tangan dari seluruh peserta.

Dalam kegiatan ini juga dipamerkan hasil karya keterampilan dari ekstrakurikuler SIKK dan CLC (Comunity Learning Centre), seperti hasil membatik, hasta karya, tata busana, tata boga, dan sablon printing. Siswa-siswi tampak sangat terampil membuat produk dan dan memajangnya di stand masing-masing.

Juara umum KS2O jenjang SD adalah Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) dengan perolehan 3 medali emas dan 1 perak, disusul oleh kontingen CLC Sabah B dengan perolehan medali sebanyak 2 emas dan 1 perak, lalu posisi berikutnya adalah Rintisan Sekolah Indonesia Johor Baru (SIJB) dan CLC Sarawak dengan perolehan medali sebanyak  1 perak dan 2 perunggu.

Sementara itu Juara umum jenjang KS2O jenjang SMP  adalah CLC sabah A dengan perolehan medali sebanyak 4 emas dan 4 perunggu, disusul oleh Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) yang memperoleh medali 2 emas dan 2 perak, dan di posisi ketiga ditempati oleh Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) yang memperoleh 1 emas, 4 perak, dan 2 perunggu.

Berikutnya juara umum pertama KS2O jenjang SMA ditempati oleh Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) dengan perolehan medali sebanyak 5 emas, 1 perak, dan 4 perunggu. Peringkat kedua juara umum ditempati oleh Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dengan perolehan 4 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Peringkat ketiga juara umum ditempati oleh Sekolah Indonesia Singapura (SIS) dengan perolehan medali sebanyak 1 emas, 1 perak, dan 6 perunggu.

Dengan perolehan total medali seperti itu, praktis Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) berhak menyandang gelar sebagai Juara Umum KS2O 2017. 

Setiap pemenang 1, 2, dan 3 pada masing-masing jenis lomba akan mendapatkan hadiah dari Duta Besar Indonesia Kuala Lumpur, Bapak Rusdi Kirana. Untuk juara jenjang SMA pemenang 1, 2, dan 3 akan mendapatkan beasiswa ke sekolah penerbangan untuk jurusan teknisi dan pilot. Sementara pemenang juara 1, 2, dan 3 jenjang SMP dan SD mendapat tiket jalan-jalan ke seluruh rute penerbangan Lion Air bersama kedua orang tua.

Pelaksanakan KS2O tahun ini berjalan sukses dan pada tahun 2018 nanti Kompetisi Sains, Seni, dan Olahraga (KS2O) akan digelar kembali di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).  (humas/edn) 

Video Pengumuman Hasil KS2O dapat anda saksikan dengan mengeklik di sini

KOMENTAR